LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Thursday, January 27, 2011

Bila Bonggol Adenium Membusuk

Apa yang harus anda lakukan bila bonggol adenium anda membusuk? Sebelum mengatasinya anda harus mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu.

Ciri-ciri bila bonggol Adenium membusuk adalah, daunnya mendadak menguning lalu satu persatu daun itu rontok.  Bila ini terjadi, maka kemungkinan bonggolnya mengalami pembusukan.

Apa yang harus anda lakukan? Anda harus segera menyelamatkan adenium anda agar tidak mati. Biasanya yang mengakibatkan bonggol membusuk adalah akibat kebanyakan disiram dan sirkulasi air nya tidak baik atau kemungkinan tersumbat.

Bagaimana caranya mengatasi hal ini?

1. Segera mengganti media tanam yang sesuai, seperti formula media tanam ini.


2. Cek, apakah lubang pembuangan airnya tidak tersumbat?

3. Media tanam sudah di ganti, saluran air sudah di cek, hal penting lainnya adalah, jangan menyiram adenium anda hingga media tanamnya sedikit mengering/ porous.

Notes:
Friends, harus dipahami bahwa cara memperlakukan Adenium tidak harus sama. Anda tidak perlu menyiramnya 3x sehari atau ganti media tanam setiap 3 bulan sekali, bukan begitu caranya. Namun anda harus merawat adenium anda dengan menyesuaikan kebutuhan masing2 adenium itu.

Demikian sharing tentang cara menanggulangi bonggol yang mulai membusuk, semoga saja bermanfaat untuk anda. Selamat bercocok tanam ?

Baca Artikel Lainnya: 
1. Mengapa Repotting itu Perlu?
2. Cara Menyemai Biji Adenium
3. Salah Satu Kunci Adenium Rajin Berbunga


 

1 komentar:

zam ayeen said...

hai... nk tanya kenapa daun dia macam terbakar lepastu dia kuning dan gugur. bagaimana nak rawat dia