LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Monday, January 29, 2007

All About Adenium

Kalau kamu suka dengan tanaman hias yang di sebut Adenium, Kamboja Jepang atau mawar gurun. Kamu harus baca tulisan ini dengan tuntas. “Maksa ya hehehehe,” Gak juga sih, aku hanya mau berbagi info yang aku dapat saat browsing di dunia maya…

All about Adenium:

Letakkan…
Tau kah kamu kalau Adenium itu membutuhkan cahaya matahari langsung minimal 5 jam perhari. Adenium dapat hidup antara suhu 5-52 derajat c. Tapi, untuk Adenium yang masih muda (di bawah usia 2 bulan) lebih baik diletakkan ditempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung atau dimpan di tempat yang teduh.

Siram…
Penyiraman dapat dilakukan setiap hari jika musim kemarau tiba, namun kurangi penyiraman saat musim hujan. Kalau perlu tidak perlu di siram, karena Akar/Bonggol Adenium bisa menyimpan air dengan baik.

Media Tanam alias tanah yang di gunakan…
Bisa menggunakan pasir + arang + pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Jika tak ditemukan arang bisa digunakan sekam atau bahan lainnya yang mirip sifatnya. Lebih sempurna jika ditambah kapur dolomit secukupnya. Penggantian media tanam dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali

Cara Pemupukan…
Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang, humus atau kompos yang ditambahkan pada permukaan media tanam setiap 1 bulan sekali. Selain itu dapat digunakan pupuk organik buatan pabrik dalam bentuk tablet atau butiran. Juga pupuk kimia buatan pabrik yang bersifat slow release (tidak mudah larut) seperti Dekastar, Magamp, Osmocote setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Pupuk daun dapat juga diberikan, seperti Gandasil, Hyponex dll. disamping itu dapat ditambahkan hormon pertumbuhan seperti Atonik, Dekamon dll dengan cara disemprotkan ke sekujur tanaman sebulan sekali.

Kalau adeniumnya sudah tumbuh dengan baik. Jangan bersuka cita dulu, soalnya di setiap tanaman pasti ada istilah HAMA DAN PENYAKIT , Adenium pun bisa kena Hama & penyakit. Untuk mengenal Hama dan Penyakit yang ada di tanaman Adenium, berikut ini daftarnya:

Serangan HAMA:
Apa saja sih Hama dan penyakit yang menjadi langganan Adenium??
** Tungau merah.
Tandanya: daun gugur dan menguning bagian pucuk.
Cara penanggulangan, gunakan akarisida seperti: Kelthane atau Omite.

** Kutu Kuning dan Kutu Putih
Tandanya: Di pangkal pucuk ada kutu-kutu berwarna kuning, lalu berubah hitam atau kutu yang berwarba putih.
Cara penanggulangan: Berantas dengan Insektisida seperti Supraside, Decis, Curacron atau Basudin 3 kali seminggu.

** Nematod.
Serangan umumnya terjadi pada akar, ditandai dengan menguning dan gugur daun.
Cara penanggulangan: Gunakan Furadan 3G untuk pencegahan.


Serangan PENYAKIT:
** Jamur dan Bakteri:
Gejalanya : daun menguning dan bercak kecoklatan
Cara penganggulangan: Semprotkan fungisida seperti Benlate, Dithane M45, atau Rdomil.
Untuk Pencegahan: tempatkan tanaman di cahaya matahari penuh, bersihkan lingkungan.

** Drfisiensi unsur hara.
Gejala yang sering terjadi adalah pertumbuhan daun lambat, daun menguning tanpa sebab,mudah rontok, bunga tidak sempurna bentuknya dan mudah rontok.
Penyebabnya adalah media tanam sudah lama tak diganti atau ph media tanam terlalu asam sehingga mengganggu penyerapan unsur hara.
Cara Penanggulangan: Ganti media tanam.

** Virus.
Gejalanya adalah muncul bercak-bercak yang berwarna lebih muda dari warna daun atau seperti variegata.
Belum ada obatnya.

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk anda yang hobbies bertanam Adenium.

Bila ada informasi yang mau di publish di website ini silahkan email saya di shrie@cbn.net.id . Salam Adenium Freak…! (SA/2007)

Info foto: Adenium Jenis Poseidon

1 komentar:

Tutnduxs said...

Thanks banget buat share dan tipsnya, saya kebetulan mencari tips untuk penyemaian dan perawatan adenium (maklum saya baru pemula ), dan ketemu blog ini. Thanks a lot ! Salam