LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Sunday, January 28, 2007

Daya Tarik Adenium

Banyak yang suka bertanya ke saya. "Apa sih bagusnya adenium itu?". "Apa sih bedanya adenium dengan kamboja kuburan?". "Apa daya tarik adenium yang paling di minati?"

Sebenarnya kelebihan adenium dari tanaman hias lainnya adalah Bunga dan Akarnya (bonggol). Variasi dan warna bunganya serta akar tanaman yang membesar menjadi daya tarik khusus dari tanaman ini.

* Akar yang unik.
Adenium merupakan tanaman yang unik karena memiliki akar yang membesar bila telah tua. Akar nya akan meliuk-liuk, bahkan sebagian petani dan nursery bisa membuat akar/bonggolnya sesuai selera.

Nilai jual adenium juga bisa berlipat mahalnya kalau bonggolnya sudah terbentuk. Jadi bonggol/akar adenium bisa di katakan sebagai daya tarik yang paling besar.

* Bunga dan variasi bentuk/warna
Kalau diperhatikan bentuk bunga adenium itu berbetuk terompet dan terdiri dari 5 helai petal (Mahkota bunga). Di dalam corong (terompet) bunga terdapat benang sari. Bentuk petal (mahkota bunga) sangat bervariasi, ada yang berbentuk bintang, bergerigi, ujung petal terpotong sampai dengan ujung yang membulat.

Pada dasarnya bentuk bunga adenium dapat di bagi kedalam 3 macam yaitu:
1. Berbentuk bintang
2. Berbentuk bintang dengan terpi bergerigi
3. Berbentuk bulat

Dulu, warna bunga adenium hanya terdiri dari merah dan pink. Sekarang ini telah di temukan atau di silangkan lebih kurang 100 warna, dari yang putih bersih, loreng-loreng, sampai merah tua dengan pinggir bunga yang berwarna kehitaman. Bagian corong bunga juga bervariasi ada yang polos putih, polos kuning, polos merah dan ada juga yang bergaris-garis. Tak heran kalau sebagian kolektor adenium menjadikan variasi warna sebagai daya tarik utama.

Saat ini, negara yang memiliki variasi warna yang paling banyak adalah Thailand, negara yang sangat kaya dengan flora ini, Adenium mendapat perhatian yang lebih dari pemerintahnya dan di budidayakan secara serius. Itulah sebabnya Thailand selangkah lebih maju dari negara kita dalam hal pembudidayaan Adenium.

Saya sangat berharap semoga saja suatu saat nanti pemerintah kita bisa memperhatikan pembudidayaan Adenium yang sudah terbukti bisa memberikan penghasilan untuk rakyat kecil.(SA/2007)

Info foto: Adenium jenis Harrypotter

0 komentar: