LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Sunday, February 24, 2008

Salah Satu Kunci Adenium Rajin Berbunga.

Pemangkasan atau Pruning pada Adenium merupakan salah satu kunci agar adenium tampak sehat, rapi dan rajin berbunga.


Pemangkasan batang dapat di lakukan sesuai kehendak anda. Bila anda menginginkan bentuk tanaman yang agak tinggi, maka batang yang di potong sebaiknya agak tinggi pula, dan begitu pula sebaliknya. Selain pemangkasana berfungsi untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit, juga dapat membuat tunas baru keluar lebih banyak dan akhirnya akan berkembang.

Cara pemangkasan ini tidaklah susah. Anda cukup memastikan kondisi tanaman yang akan dipruning itu sehat dan media tanam benar-benar subur. Untuk menunjang hal tersebut, media tanam dapat di beri pupuk slow release kira-kira 2 minggu sebelum pemangkasan dilakukan.

Alat yang di gunakan untuk memangkas adalah; pisau dan gunting, pastikan kedua alat tersebut dalam kondisi tajam dan bersih (steril). Waktu pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, agar bekas potongan dapat segera kering. Yang paling penting, jangan lakukan pemangkasan pada saat hujan, karena batang atau cabang yang baru terpotong, sangat mungkin busuk bila terkenan air.

Dalam kondisi prima, tunas baru akan muncul sekitar 7-12 hari, dan 6-8 minggu kemudian akan muncul kuncup bunga. Oh iya, seperti tips saya yang lain, jangan lupa meletakkan tanaman adenium anda di tempat yang terkena sinar matahari.

Selamat bercocok tanam. (SA/2008)

0 komentar: