LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Wednesday, January 25, 2006

Makin Kesengsem Dengan Adenium


Hampir setahun saya mengenal Adenium bukannya bosan malahan saya tambah cinta saja dengan si mawar gurun ini, bagaimana enggak cinta hampir setiap weekend saya berburu Adenium – adenium di pinggir jalan, pameran, petani, dan ke Nursery segala. Berburu bukan sembarang berburu lo, saya hanya sekedar window shopping saja dan kadang2 juga bertukar info dengan para penjual maupun petaninya, tapi kalau ketemu yang seneng so pasti donk saya beli, tapi ada batas budget nya juga sih, bisa gawat kalau ngikutin hati, bisa2 kantong RT ludes, urusannya bakal gawat misua nanti demo lage.

Hobby saya bertanam Adenium masih tergolong standar kali ya, maklum saja saya hanya berani membeli dan mengoleksi Adenium yang masih berumur di bawah 2thn, bukan apa – apa sih koceknya berat kalau harus mengelokesi Adenium yang benar – benar sudah jadi, harganya bisa mencapai puluhan juta.

Berikut step by step saya mengenal Adenium:

1. “Berkenalan dengan Adenium, pertama kalinya”
Kata petaninya sih ini termasuk jenis adenium yg biasa/local “pink” saya belum pernah lihat jenis ini berbunga maklum saat itu saya hanya tertarik dengan Adenium bonsai dan bonggol jadinya Adenium ini sering banget jadi korban saya pangkas memangkas. Tapi saying belum sempet penampilannya sempurnah si adenium local ini di minta oleh tante saya, hiks hiks… (semoga si local tumbuh dengan baik ya di karawaci)

2. “Adeniumku yang ke dua, Satu pohon ada 2 jenis Adeium”
* Adenium Jenis Daeng Anant(Warnanya merah tua, berukuran besar, daunnya bulat tebal berwarna hijau tua berbulu, jenis adenium ini sering berbunga.)
* Adenium Jenis Purple picotee (Warnanya Merah keunguan, berukuran sedang dan rajin berbunga, daunnya agak membulat dan tidak berbulu, jenis ini sering berbunga dalam 6 bulan terakhir ini saja sudah berbunga sebanyak 2 kali.)

3. “Adeniumku tahap 3”
saya di kasih bibit/biji adenium oleh boss ku lumayan banyak sih tapi saying akibat minimnya pengetahuan tentang cara menanam Adenium walhasil yang jadi hanya 4 pohon saja dari puluhan biji yang saya semai, oh iya ke 4 pohon adenium ini sudah setinggi 13cm, semoga saja mereka berbonggol aneh dan besar.

4. “ Adenium tahap 4”
Karena boss saya hobby juga ngumpulin adenium, jadi deh saya sering di ajak2 hunting adenium2, suatu saat belio borong banyak dan saya di suruh pilih juga hehehe, lumayan nih gratisan dan denger2 adenium yang berwarna putih itu mahal jadi deh saya pilih 2 jenis, yaitu putih & putih yang cenderung pink.
* Setelah cek cek di buku “88 Variasi Adenium” saya jadinya tau kalau adenium putih saya ini bernama "Adenium Jenis White goliath” jenis Adenium berwarna putih, berukuran besar, daunnya hijau tua bulat panjang dan berbulu, dan juga rajin berbunga. Semenjak 3 bulan yg lalu dibeliin baru 1 kali berbunga sih.
* Nah untuk yang putih cenderung pink ini belum pernah berbunga, nyesek juga sih nungguin penasaran skali ingin cepat2 tau jenisnya apa. Tapi dari hasil cek end ricek saya sih, mungkin adenium ini termasuk dalam jenis “Adenium Jenis Chamelon” nanti saya updated lagi deh kalau sudah berbunga.

5. “Adenium tahap 5”
Saya beli 2 jenis adenium dari petani di Pameran flora & fauna yang di adakan di lapangan Banten, agustus lalu.
* Picnya disamping ini nih,“Adenium Jenis Volare atau Solamase Varigated" Saya bingung deh secara kembangnya mirip solamase tapi daunnya tidak ada ciri2 varigated. "Kalau ada yang ngerti pls advise ya". Saya beli di petani yang katanya sih di semai dari satu jenis tapi hasilnya ko beda2.
* Adenium yang satunya belum berbunga sampai sekarang sejak di beli, penasaran banget ingin tau jenisnya apa, tapi menurut info petaninya sih ini jenis biasa/lokal

6. “Adenium tahap 6”
Beberapa hari yang lalu saya hunting lagi, dan akhirnya kebeli lagi 2 jenis adenium:
* “Adenium Jenis My Country” Adenium yang yang buat saya jatuh cinta sejak liat jenisnya di pameran flora Agustus lalu, tapi saat itu saya tidak beli. Tapi akhirnya kesampaian juga aku beli di petani. Oh iya Adenium my country ini bunganya besar, tengahnya berwarna putih dan di pinggir ada garis pink.

* “Adenium Jenis Harry Potter” saya masih penasaran ko di kasih nama Harry Potter?. Mungkin yang menemukan jenis ini hobby dengan HP kali ya. Anyway tadinya saya tidak terlalu seneng dengan HP secara dari pertma melihat saya tidak pernah tuh lihat si HP ini berkembang, baru sebulan yang lalu Boss saya nunjukin foto bunga HP nya yang lagi berkembang, langsung deh jadi kesengsem dengan jenis HP ini. Karena Hp ini tergolong jenis baru harganya masih mahal, tapi kemarin pas berburu saya cari yang murah meriah saja dan syukurnya ketemu juga yang bonggol nya besar tapi sayang tunas nya masih kecil, jadi penasaran nunggu adenium ini berbunga.

Saya masih termasuk pemain baru di dunia Adenium jadi masih banyak belajar dari para pakar, bagaimana cara merawat, menanam, okulasi, dll. Well hobby menanam Adenium memang tidak mengecewakan deh, rasa puas dan bangganya minta ampun kalau semua Adenium2 di taman berkembang dengan indahnya. Serasa kurang aja tuh koleksinya padahal taman mungilku sudah sumpek dengan pot2 Adenium.(SA)

Info foto: Adenium White Goliath, salah satu koleksi saya.

0 komentar: