LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Wednesday, January 25, 2006

Adenium Yang Mempesona


Adenium atau lebih di kenal dengan nama lain seperti Kamboja Jepang dan Mawar Gurun. Si mawar gurun yang mempesona dan bernilai jual tinggi.

Seiring dengan makin di gandrunginya Adenium di kalangan masyarakat luas, menjadikan bisnis Adenium ini tak bisa di pandang sebelah mata. Sebut saja makin banyaknya petani – petani Adenium yang terbagi dari Importeer bibit, Penyedia Batang, Spesialis Kembang dan yang lagi in saat ini yaitu petani yang khusus mengembangkan Bonggol.

Rupanya pasar Adenium sekarang ini tidak lagi terfokus kepada kembang adenium semata, tapi beberapa tahun terakhir ini pasar mulai tren kepada keunikan bonggol Adenium itu sendiri. Bahkan seorang kolektor bonggol rela mengeluarkan koceknya hingga ratusan juta hanya untuk mengoleksi Adenium yang berbonggol Aneh.

Beruntunglah kita yang menetap di Indonesia karena Adenium sangat bersahabat dengan iklim kita. Pada dasarnya perawatan Adenium ini sangat mudah karena dia termasuk jenis tanaman yang tidak rewel, tidak gampang terkena hama dan mudah hidup. Tetapi untuk mendapatkan Adenium yang indah di butuhkan perawatan yang baik.

Berikut beberapa tips dan trik untuk menghasilkan Adenium yang sehat dan indah :
* Gunakan Media yang baik, seperti: Pasir , Kotoran ayam sebagai pupuk, Kotoran Kambing Sebagai pupuk, Tanah, Batu kerikil yang halus dan Kulit gabah yang sudah di bakar. Semua media tanam ini di campur hingga benar – benar rata.
* Media tadi masukkan ke POT sesuai dengan ukuran Adenium yang di miliki.
* Masukkan Biji , atau Adenium yang sudah berusia 4Bulan , 6 Bulan, dst, kedalam pot yang sudah berisi media tanam tadi.
* Setelah itu, letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung, semakin lama terkena sinar matahari, maka semakin bagus untuk pertumbuhan Adenium tersebut.
* Siram sekali sehari.
* Untuk mendapatkan adenium yang indah, pangkas batang adenium sesuai selera, pangkas ketika musum kering tiba. Jangan pangkas ketika musim hujan karena batang adenium malas tumbuh ketika musim hujan.
* Untuk perawaran berkala, ganti media setiap 6 bulan sekali, dan sebulan sekali semprot adenium dengan pestisida.

Semoga trik tadi bisa membuat Adenium adenium di taman anda tumbuh dengan sehat dan cantik.

7 komentar:

hotma said...

huaaaaaaaaa... sangat bermanfaat niy infonya :) tq yo...

Shrie Amriza said...

Sama2 :).
Kalau butuh2 info tentang adenium boleh JAPRI aku ... tar bisa bertukar elmu :)

BidadarI MungiL said...

Mb shrie...cantik tanamannya. Kalau adenium bisa nggak ya ditanam di negara emapt musim? Saya tinggal di Den Haag... apakah bunga ini bisa ditanam sebagai tanaman indoor? mohon pncerahannya.

Shrie Amriza said...

Hi mom makasih udah mampir. Adenium ini asalnya dari gurun, jadi lebih cocok di tempat yang puanas... kalau asia tenggara masih termasuk tropis ya makanya bisa tumbuh. Tapi kalau di negara 4 musim setauku harus pakai rumah kaca :)

Aduuh maap kalau salah info nih... aku coba cari buku adenium ku entah raib kemana tuh... di umpetin ryuga my boy :D

Anonymous said...

aku punya adenium warnanya pink bunganya kcil sekali sudah saya bandingkan dengan petani-petani adenium mereka ga tau,daunnya kurus panjang panjang, jenis adenium apa ini mohon infonya ya ke email aku klo ada yang tau. di ssatriagraha@yahoo.co.id

Shrie Amriza said...

Hi ssatriagraha@yahoo.co.id

Semoga penjelasan saya via email jelas ya . And makasih sudah mampir :)

Perawatan Adenium said...

Makasih infonya SAya termasuk yang pencita adenium. boleh salam kenal ya