LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Wednesday, November 02, 2005

Apa Itu Euphorbia?


Namanya susah sekali di ingat, tapi kalau melihat bentuknya rasanya setiap saat akan di ingat. Itulah Euphorbia yang nama ilmiahnya "Euphorbia milii", salah satu jenis bunga gurun yang berbunga sepanjang tahun, tidak mengenal musim baik itu musim hujan ataupun musim kemarau. Itulah yang menyebabkan tanaman yang mempunyai nama lain "Crown of thorn" ini sangat di minati oleh para hobiis Euphorbia. Ajaib memang, bunga/mahkota Euphorbia ini dapat bertahan sampai 4 bulan tidak rontok, bahkan salah satu jenis dengan sebutan "Forever Green" mampu bertahan selama setahun tanpa kerontokan.

Warna bunga Euphorbia pun sangat beragam dari beberapa literatur, Euphorbia terdiri dari 82 varietes. Menurut pengamatan saya warna Euphorbia ini terdiri dari warna merah dengan segala corak, orange, pink, putih sampai dengan kuning. Bunganya pun terdiri dari 2 jenis, ada yang besar dan kecil. Saat ini yang lagi banyak diminati jenis dengan bunga yang kecil, itulah yang menyebabkan harga Euphorbia saat ini melambung tinggi, bayangkan saja di salah satu kota di timur Indonesia, harga Euphorbia ini mencapai Rp.300,000/pot untuk Euphorbia yang tingginya 15cm.

Perawatan Euphorbia pun relatif muda, namun jika ingin memunculkan bunga dengan kompak di setiap ketiak daun sehingga daunnya nyaris tertutup bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut membutuhkan perawatan dan keahlian khusus. Akan saya bahas di postingan selanjutnya.

7 komentar:

Anchiels said...

mbakk dah ngga sabar neh nunggu posting selanjutnya :)

KeluargaKoe said...

Mbak Shrie, aduh senang deh liat adenium, euphorbia. pengen deh bercocoktanam, cuma belum sempat nih.. cari ilmu dulu deh di blognya mbak shrie. sempat ya mbak, ngurus anak, ngurus tanaman, baca buku, kok kayaknya aku ga sempet deh hiks sedih bgt

Shrie Amriza said...

Makasih Mom Yessy sudah mampir baca2 blog ku :-)

Aku juga bingung ko sempet :D. So far aku nyantai aja tuh mom, gak pasang target apa2, kalau lagi mood berkebun ya berkebun , kalau lagi mood nulis ya nulis, baca, dll :D. Dibawah nyantai aja pasti bisa , ayoo semangat..

Shrie Amriza said...

Anchiels:
Maaf baru reply sekarang :)
Tenang segera menyusul artikel tentang euphorbia yg warnanya kuning ;)

ima said...

mana postingan2 ttg euphorbianya lagi mba? pgn belajar ttg euphorbia..(baru beli 2 pot - tertarik liat bunganya,belakangan baru tau klo namanya 'euphorbia'..hihihi.)

Bungaku Euphorbia said...

mbak euphorbinya yang berbunga putih kecil2 cantik banget..pasti dech kalau tinggalnya di daerah Malang sini udah tak ajak barteran ...soalnya aku juga penggila euphorbia

hana said...

halo..... mba..., dah di post kan lum yang buat tanaman euphorbia berbubga lebih lebat,,,, sy jg penggila tanaman berduri yg satu ini,koleksi sy sd ada 15 pot, tp warnanya cuman 5 jenis.., waduh pengen bangt bisa liat semua euphorbiaku itu bermekaran semua... tolong segera dipostkan ya mba... thanks..., aku dri Indonesia timur..., daerah yg cocok buat tanaman satu ini..