LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Tuesday, November 21, 2006

Benih Adenium ...!

"Mau biji adenium gak?" tawarku kepada tetanggaku.
"Lo, emank ada?" tanya nya penasaran.

"Mau bibit adenium gak?" tawarku pada adikku.
"Bibit? emank ada bijinya? bukannya dari batang aja?" adikku malah balik bertanya!.

Ternyata ada beberapa orang yang belum tau kalau Adenium itu bisa berbuah dan akhirnya buahnya itu menghasilkan biji-biji kecil.

Biji kecil itu setelah kering, bisa di semai dan tumbuh deh adenium-adenium kecil...!
seperti ini
Photobucket - Video and Image Hosting

Mumpung adenium jenis Purpel Picatoe ku lagi berbuah aku tidak lupa mengabadikannya.
Photobucket - Video and Image Hosting

Ini contoh bakal buah, proses hingga menjadi buah itu adalah sbb: Berkembang dengan sempurna, bunganya gugur, pucuk bunga akan di semai oleh kupu-kupu ata serangga, kalau memang pucuknya bagus maka di bakal buah akan muncul, kalau pucuknya jelek maka si pucuk akan rontok.

Photobucket - Video and Image Hosting

Seperti ini lah kalau si pucuk bagus, maka si bahal buah akan keluar seperti foto ini. Usia bakal buah atau biasa disebut TANDUK di atas itu baru 1 minggu.

Akan saya posting lanjutannya ya...kalau si tanduk sudah tua, dan merekah akhirnya bagaimana... *sabar ya*

5 komentar:

Anonymous said...

Idem, dulu aku juga gitu kok shrie.
Gak nyadar kalau adenium itu ada tanduknya :D

Dewi

Shrie Amriza said...

gw juga dulu gitu kok wi,
utungnya gw lebih tau duluan dari mereka hahahaha

Dee-Dee said...

mbak shrie aku udah punya adenium nihhh ada dua lhoo... cantik2 sekalii....
mbak srie tapi aku mau coba semai adenium deh mbak srie punya ngga? tak beli sehhh... harga special ya mbakkk

Shrie Amriza said...

Mbak Dee,
Maaf aku ndak jual biji adenium :)
Kalau pun ada biasanya aku bagi2in malah hehehe

Niwey... makasih sudah mampir :D

Irwan said...

Mbak' shrie .... coba kamu tawarin ke aku "Irwan, mau biji adenium nggak ?" pasti ku jawab "mau dong !" karena aku baru tahu kali ini bahwa kamboja jepang itu adenium ! lagi mulai belajar tanam nih .... he...he...

dulu anakku pecahin pot adenium jepang punyanya apotik di bilangan pulomas .... pantesan org itu marah2 sama anakku ... nah itulah pertama kali kenal kemboja jepang ... :)

jadi kirimin dong ! thanks