LIKE FB Kami dan Dapatkan Aneka Tips Melalui FB :-)

Monday, October 30, 2006

Apa Sih Musuh Adenium ?

Jawabnya adalah musim peng-hujan. Soalnya adenium adalah bunga gurun yang tidak bersahabat dengan air.

Mengingat sekarang sudah mulai masuk musim peng-hujan, aku mulai parno liat adenium di taman kecilku.

Aku takut bonggol adeniumku akan busuk, rasanya tidak kuat liat si bonggol tiba-tiba busuk, daun pada rontok dan mati. Hiks, kejadian ini baru saja aku alami.

Salah satu adeniumku yang diameter bonggolnya sudah mencapai 11-15 CM tiba-tiba saja daunnya rontok, aku pikir hanya ganti daun saja seperti biasa.

Tapi selama seminggu daun mudanya tidak juga keluar, aku segera membongkar media tanamnya dan shock mendapati bonggol adeniumku 85% sudah busuk!.

Bagaimana tidak shock, adenium ini salah satu kesayanganku. Soalnya ini salah satu kenang-kenangan waktu aku hunting di pameran flora 2 tahun yang lalu.

Oh iya setelah tau si bonggol busuk, aku segera angkat dan cuci bonggolnya lalu aku gantung "angin-anginkan" selama 1 minggu. Aku berharap si bonggol yang tersisa bisa bertahan dan hidup lagi.

Sekarang genap 2 minggu sejak adenium itu aku tanam lagi. Aku kwatir karena si daun muda munculnya sangat lamban!.

Belum lagi si adenium puli, eh! si musim peng-hujan telah tiba. Rasanya tambah parno deh dengan kondisi adeniumku itu. Semoga adeniumku yang lain bisa survive di musim penghujan kali ini.

**info foto: Adeniumku yang sakit

3 komentar:

Anonymous said...

Shrie, gimana kabarnya adenium ini?

Jono
Adenium collector

Shrie Amriza said...

riwayatnya udah tamat :((

PSM Depo Bkt said...
This comment has been removed by the author.